Selasa, 03 Januari 2012

PISTON TEFLON

Piston Teflon

Saya jelaskan sedikit kelebihan piston ini,
piston ini sebetulnya di kembangkan secara khusus untuk keperluan modifikasi balap motor motor standar yang turun di ajang road race.
Setelah selama beberapa tahun belakangan ini di aplikasi oleh beberapa tim balap di ajang road race dan menunjukan hasil yang memuaskan
maka pabrikan memtuskan untuk memproduksinya secara masal. kalau anda sering membaca majalah otomotif pasti pernah mendengar berita tentang di kembangkannya piston ini.
Technologi piston ini selain menggunakan metal yang lebih baik dari dari piston stardar juga melapisi dinding piston dengan teflon sehingga gesekan piston dengan
dinding silinder menjadi lebih licin dan membuat gerakan piston jadi lebih enteng dan otomatis tarikan jadi lebih enteng .

Kenapa saya bilang piston ini spek balap…?
karena pada umumnya modifikasi standar pada mesin agar menjadi lebih bertenaga adalah dengan memapas head silinder hingga kompresi menjadi lebih padat di ruang bakar,
tapi kendalanya adalah setelan klep harus sangat besar agar batang klep tidak beradu dengan permukaan piston terlebih lagi kalau kita juga memodifikasi camshaft
hingga jarak durasinya menjadi lebih jauh, untuk solusinya biasanya permukaan piston di coak untuk memberi jarak main batang klep,
tapi kendalanya pemukaan kepala piston menjadi lebih tipis dan rentan bolong jika putaran mesin makin tinggi belum lagi suara berisik yang di hasilkan.
Nah .... pabrikan piston teflon ini memberi solusi dengan membuat coakan pada permukaan piston sesuai jenis motornya dan membuat permukaan piston agak lebih tebal dari
ukuran standar tetapi dengan bahan yang lebih kuat dan lebih ringan.
Apakah ada efek samping…? Tidak ada sama sekali,
karena jelas kualitas piston ini jauh lebih bagus dari pada piston standar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar