viviyunita50@yahoo.com

Jumat, 30 Desember 2011

CARA KERJA MESIN SEPEDA MOTOR


Berbagi pengetahuan sedikit ya.. ini sedikit menjelaskan tentang bagaimana cara kerja mesin 4 tak.
Ketika mesin pada keadaan posisi Tak 1 terjadi gerak hisap, berikut cara kerjanya:

  1. Piston bergerak dari titik atas menuju titik bawah.
  2. Klep masuk terbuka dan klep buang tertutup.
  3. Penghisapan gas dari carburator masuk kedalam cylinder melalui klep masuk yang dalam terbuka.
Pada keadaan mesin posisi tak 2 terjadi gerak kompresi atau pemampatan, berikut cara kerjanya.

1.            Piston bergerak dari titik bawah menuju titik atas.
2.            Pada kedua klepnya keadaan tertutup rapat.
3.            Gas yang ada di dalam cylinder di mampatkan atau di kompresi.
4.            Pada keadaan piston hampir mencapai titik atas, busi melontarkan api listriknya dengan tegangan yang cukup tinggi untuk membakar gas yang telah ada dalam cylinder.

Pada keadaan mesin posisi tak 3 terjadi gerak tenaga, berikut cara kerjanya:

1.            Piston bergerak dari titik atas menuju titik bawah.
2.            Pada kedua klepnya masih dalam keadaan tertutup.
3.            Perak piston turun kebawah di sebabkan oleh adanya dorongan gas yang telah di bakar, sehingga motor menghasilkan tenaga.

Pada keadaan mesin posisi tak 4 terjadi gerak buang atau sisa pembakaran, berikut cara kerjanya.

1.            Piston bergerak dari titik bawah meuju titik atas.
2.            Pada klep buang terbuka sedangkan pada klep masuk gas tertutup rapat.
3.            Sisa pembakaran gas yang telah mendorong piston dari dalam cylinder keluar melalui klep buang yang langsung ke knalpot.


CARA KERJA MESIN SEPEDA MOTOR 2 TAK
pada postingan kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang bagaimana cara proses kerja mesin motor 2 tak:
pada keadaan motor posisi tak 1 :
1.            piston bergerak dari titik bawah menuju titik atas.
2.            bersamaan dengan terbukanya lubang aluran masuk maka gas dari gas carburator terhisap masuk ke dalam carter atau ruang kruk as.
3.            gas yang ada diatas pistron (dalam cylinder) akan di komperesi atau dimampatkan.
4.            pada saat piston mencapai titik atas, busi melontarkan bunga api listriknya dengan tegangan yang tinggi untuk membakar gas yang telah dikompresi (proses terjadi di dalam cylinder).
Jadi kesimpulannya pada tak pertama terjadi proses masuknya gas dan terjadi pemampatan serta pembakaran gas.
Pada keadaan motor posis tak 2:
1.            piston bergerak dari titik atas menuju titik bawah.
2.            gas yang ada di dalam cylinder yang telah dibakar akan berusaha mengembang lalu mendorong piston dengan disertai tenaga tekanan lalu kemudian tekanan tersebut akan disimpan dan dirubah oleh kruk as menjadi tenaga motor.
3.            sedangkan gas didalam carter akan di kompresi sehingga sering disebut dengan compressi carter.
4.            kemudian lubang saluaran dibuka keluar terbuka oleh piston, maka gas sisa pembakaran dengan sendirinya akan keluar melalui saluran buang dari dalam cylinder yang langsung ke knalpot.
5.            pada waktu saluran buang terbuka oleh piston, maka gas yang telah di kompresi di dalam carter akan berusaha naik ke atas piston untuk membersihkan sisa pembakaran gas yang masih tertinggal di dalam cylinder, dan sekaligus gas baru tersebut menempati ruangan cylinder untuk kemudian dibakar dan ini terjadi terus menerus selama mesin dalam keadaan hidup.
Bisa dibilang pada tak ke 2 ini terjadinya proses kerja, kompresi carter, pembuangan,pencuciandan pembilasan.

Perbedaan mesin motor 2 tak dengan motor 4 tak sungguh sangat signifikan dilihat dari jenis bahan bakar dan cylindernya. Berikut adalah ciri-ciri dan perbedaan motor 2 tak dengan 4 tak.
Ciri-ciri Motor 2 tak:
·                     Bahan bakarnya selalu di campur dengan oi baik secara langsung ke dalam tangki bensin ataupun dengan cara memisah kannya
·                     Cylinder tidak memiliki klep, sebagai gantinya adalh zuiger valve atau red valve untuk mengatur masuknya gas ke dalam ruangan cylinder.
·                     Setiap zuiger atau piston hanya mempumyai 2 buah ring yaitu ring compressi I dan ring compressi II.
·                     Setiap cylindernya memiliki 2 macam compressi yaitu compressi cylinder dan carter.
·                     Setiap 2 kali gerakan piston terjadi 1 kali pembakaran gas.
Ciri-ciri motor 4 tak :
·                     Bahan bakarnya bensin murni
·                     Setiap cylindernya memiliki 2 buah klep yang masing – masing klep masuk dan klep buang
·                     Cylindernya hanya memiliki 1 macam compressi yaitu compressi cylinder
·                     Setiap zuiger atau piston memiliki 3 buah ring yaitu : ring compressi I, ring compressi II, rong oli. Ketiga ring ini sangat berguna untuk membantu pelumasan pada zuiger atau piston.
·                     Terdapatnya rantai camprat dalam bak mesin yang berhubungan dengan noken as (kruk as). Rantai camprat ini tujuan nya untuk menahan gigi verseneling atau gerakan roda yang mendadak.
·                     Setiap 2x putaran kruk as hanya terdapat 1x tenaga (compressi).

PENGERTIAN "TAK" PADA MOTOR

Kita sering membicarakan Tak pada sebuah kendaraan bermotor. Entah itu motor 2 Tak ataupun 4 Tak. Tetapi terkadang ada sebagian orang yang belum tahu pengertian Tak pada sebuah kendaraan bermotor. Maka dari itu di postingan saya yang perdana ini akan sedikit menjabarkan tentang pengertian dari Tak.

Tak atau yang sering disebut slag/stroke/langkah gerakan pada piston (zuiger) pada sebuah kendaraan bermotor mempunyai arti yaitu jarak langkah atau gerakan piston didalam cylinder mulai dari yang paling atas ( rata dengan cylinder blok) sampai dengan gerakan yang paling bawah .

Batas gerakan piston yang paling atas biasanya disebut dengan titik atas atau disingkat TA, dan gerakan yang paling bawah biasa disebut dengan titik bawah atau disingkat TB.

Langkah yang sangat terbatas itu disebabkan oleh adanya kruk as yang menggerakan piston atau (zuiger). Pergerakan piston atau zuiger dari titik atas (TA) sampai titik bawah (TB) atau sebaliknya disebut dengan yang putaran kruk as nya sebanyak 180° atau setengah putaran.

pengertian motor 2 “TAK”
Yaitu setiap jenis motor berbhan bakar , yang dalam setiap cylindernya mendapatkan 1 x pembakaran gas, dengan hanya memerlukan gerakan piston sebanyak 2x. sefdangkan kruk as yang berputar satu kali atau satu lingkaran (360°). Untuk mesin motor 2 tak menggunakan oli sampingsebagai cmpuran bahan bakar ( bensin ) contohnya seperti motor tua yang ber merk Yamaha, Suzuki, Kawasaki, vespa, bajaj. Untuk merk Kawasaki yang tidak menggunakan oli samping adalah MERZI.

pengertian motor 4 “TAK”
Yaitu setiap jenis motor berbahan bakar, yang dalam setiap cylindernya utuk mendapatkan 1 kali pembakar gas memerlukan 4x gerakan piston dan putaran kruk as nya sebanyak 2x (720°) dengan disertai terbukanya klep masuk dan klep keluar masing – masing sebanyak 1x.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar