tag:blogger.com,1999:blog-45641136289842636352024-03-04T21:39:10.284-08:00RMSRMS MALANGhttp://www.blogger.com/profile/15406292841788739352noreply@blogger.comBlogger4125tag:blogger.com,1999:blog-4564113628984263635.post-9009624068686665442012-01-03T20:08:00.001-08:002012-01-04T10:28:07.465-08:00DOHC dan SOHC<div align="center" class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 13.5pt; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; text-align: center;"><div class="separator" style="clear: both; text-align: center;"></div><a href="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjO2xcZOTVtlOzEqVatJUJhEh0haJTz55FX30-ORpQdks4BiNmu8Nsg34Szxo7bYbkiG5RinYzvTpl5BP9WTlNqg16gvs6uzQItx03X1KgexQKbI4CodyFdZ7_e8QgyVDVPbGjxX1X1mOmc/s1600/DOHC4.gif"><span style="color: #3ac5c5; font-family: Arial, sans-serif; font-size: 10pt; text-decoration: none;"></span></a><span style="font-family: Arial, sans-serif; font-size: 10pt;"><o:p></o:p></span></div><div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-line-height-alt: 14.25pt; text-align: justify;"><b><i><span lang="SV" style="font-family: Arial, sans-serif;"> I. PENDAHULUAN</span></i></b><b><i><span style="font-family: Arial, sans-serif; font-size: 16pt;"><o:p></o:p></span></i></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 14.25pt; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; text-align: justify;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 14.25pt; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; text-align: justify; text-indent: .5in;"><b><span lang="SV"><span style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;">DOHC, suatu istilah yang sering kita dengar. Istilah ini selain ditemukan pada bagian spesifikasi mobil, bisa juga dilihat pada stiker di badan mobil bahkan juga terpampang pada cover mesin Anda. DOHC singkatan dari Double Over Head Camshaft. Jika diterjemahkan secara bebas, artinya adalah camshaft yang memiliki overhead double. Camshaft adalah shaft (palang, setang atau ceruk) dimana cam (bubungan) menempel. Jika diartikan secara keseluruhan, DOHC adalah setang dimana terdapat dua pasang bubungan yang menempel untuk setiap silinder mesin. Dari definisi bebas DOHC tadi, bisa kita ambil asumsi bahwa SOHC adalah setang dimana terdapat satu pasang bubungan yang menempel untuk masing-masing silinder mesin. Perhatikan gambar, gambar tersebut adalah konfigurasi SOHC dan camshaft ditandai oleh kotak-kotak berwarna merah. Jadi jika mesin Anda 4 silinder DOHC, maka akan terdapat 16 overhead camshaft. Jika mesin Anda 4 silinder SOHC, maka hanya akan terdapat 8 overhead camshaft. Demikian seterusnya, jika mesin Anda memiliki 6 silinder (e.g. Mitsubishi Galant V6 24), maka akan terdapat 24 camshaft</span>.</span></b><b><o:p></o:p></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 14.25pt; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; text-align: justify; text-indent: .5in;"><span style="font-size: x-small;"><br />
</span></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 14.25pt; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; text-align: justify; text-indent: .5in;"><span style="font-size: x-small;"><br />
</span></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-line-height-alt: 14.25pt; text-align: justify;"><b><i><span lang="SV" style="font-family: Arial, sans-serif;">II. PENGERTIAN SOHC DAN DOHC</span></i></b><b style="font-size: small;"><i><span style="font-family: Arial, sans-serif;"><o:p></o:p></span></i></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 14.25pt; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; text-align: justify;"><span style="font-size: x-small;"><br />
</span></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 14.25pt; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; text-align: justify; text-indent: .75in;"><span style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><b><span lang="SV">DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft (sebagai alternatif terhadap tipe mesin SOHC). Layout mesin ini menggunakan dua kem (noken as) pada blok mesin atas. Ini juga berarti bahwa pada mesin DOHC V terdapat 4 camshafts karena terdapat dua blok atas mesin yang mempermudah pabrikan menerapkan 4 klep per silinder. Kebanyakan DOHC juga mendatangkan kitiran mesin (RPM) yang lebih tinggi. Letak katup yang lebih baik mengoptimalkan setup yang memaksimalkan pula performa mesin. Namun kekurangannya, berat akan bertambah, lebih mahal, dan lebih rumit. Pun lebih banyak parts untuk memutar dua kem.</span></b><b><o:p></o:p></b></span></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 14.25pt; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; text-align: justify; text-indent: .75in;"><span style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><b><span lang="SV">SOHC adalah singkatan dari Single Over Heat Camshaft. Teknologi ini merupakan suatu teknologi dimana suatu mesin memiliki pengatur buka tutup katup hanya satu/single. Sistem seperti ini membuat mobil memiliki tenaga dan torsi terbesar sejak putaran mesin awal hingga putaran mesin tengah, hal ini membuat konsumsi BBM semakin irit. Perangkat ini biasa diaplikasikan pada mobil-mobil yang memang diciptakan untuk membelah kemacetan kota.</span></b><b><o:p></o:p></b></span></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 14.25pt; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; text-align: justify; text-indent: .75in;"><span style="font-size: x-small;"><br />
</span></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-line-height-alt: 14.25pt; text-align: justify;"><b><i><span lang="SV" style="font-family: Arial, sans-serif;">III. PERBEDAAN DOHC DAN SOHC</span></i></b><b style="font-size: small;"><i><span style="font-family: Arial, sans-serif;"><o:p></o:p></span></i></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 14.25pt; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; text-align: justify;"><span style="font-size: x-small;"><br />
</span></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 14.25pt; margin-bottom: 5.0pt; text-align: justify; text-indent: .75in;"><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><b><span style="color: #00000a;">Antara SOHC dengan DOHC memang memiliki perbedaan konsep yang besar. Kedua istilah tersebut berbicara mengenai mekanisme pergerakan katup. SOHC merupakan singkatan dari Single Over Head Camshaft, sedangkan DOHC adalah kepanjangan dari Double Over Head Camshaft. Terlihat dari dari kedua singkatan tersebut ada satu kata yang sama yaitu, camshaft atau noken as. Memang pada noken as inilah terletak perbedaan kedua teknologi tersebut.</span></b><b><o:p></o:p></b></span></div></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 14.25pt; margin-bottom: 5.0pt; text-align: justify; text-indent: .75in;"><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><b><span style="color: #00000a;">Camshhaft atau noken as memiliki fungsi untuk membuka tutup katup isap dan katup buang. Katup isap bertugas untuk mengisap campuran bahan bakar udara ke dalam ruang bakar. Sebaliknya, katup buang memiliki tugas untuk menyalurkan sisa pembakaran ke knalpot. Sebenarnya teknologi mekanisme katup tidak hanya SOHC dan DOHC, tetapi masih ada sistem lain yang disebut OHV (Over Head Valve). Mekanisme kerja katup ini sangat sederhana dan memiliki daya tahan tinggi. Penempatan camshaft-nya berada pada blok silinder yang dibantu valve lifter dan push rod diantara rocker arm.</span></b><b><o:p></o:p></b></span></div></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 14.25pt; margin-bottom: 5.0pt; text-align: justify; text-indent: .75in;"><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><b><span style="color: #00000a;">Mekanisme OHV banyak dipakai oleh mesin diesel truk yang hanya membutuhkan torsi. Karena pengembangan teknologinya terbatas, sistem OHV sudah jarang digunakan lagi pada mesin bensin. Para ahli otomotif terus berpikir untuk menciptakan sistem mekanisme katup baru. Mereka pun beralih ke model Over Head Camshaft (OHC) yang menempatkan noken as di atas kepala silinder. Noken as langsung menggerakkan rocker arm tanpa melalui lifter dan push rod. Camshaft digerakkan oleh poros engkol melalui rantai atau tali penggerak. Tipe ini sedikit lebih rumit dibandingkan dengan OHV. Karena tidak menggunakan lifter dan push rod, bobot bagian yang bergerak menjadi berkurang. Ini membuat kemampuan mesin pada kecepatan tinggi cukup baik karena katup mampu membuka dan menutup lebih presisi pada kecepatan tinggi. OHC yang memakai noken as tunggal sebagai tempat penyimpanan katup isap dan buang sering disebut sebagai SOHC. Setiap noken as untuk setiap silinder hanya mampu menampung 2 katup, 1 isap, dan 1 buang. Oleh karena itu, mesin yang memiliki 4 silinder pasti hanya bisa memakai 8 katup.</span></b><b><o:p></o:p></b></span></div></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 14.25pt; margin-bottom: 5.0pt; text-align: justify; text-indent: .75in;"><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><b><span style="color: #00000a;">Keinginan untuk membuat mesin yang lebih bertenaga dibandingkan model SOHC, mendorong lahirnya teknologi DOHC. Mesin DOHC mempunyai suara yang lebih halus dan performa mesin yang lebih baik dari pada SOHC karena masing-masing poros pada mesin DOHC memiliki fungsi berbeda untuk mengatur klep masuk dan buang. Sementara itu, pada mesin SOHC, satu poros sekaligus bertugas mengatur buka/tutup klep masuk/buang sehingga pembakaran yang terjadi pada mesin DOHC lebih maksimal dan akselerasi mobil bermesin DOHC menjadi lebih baik. DOHC memakai dua noken as yang ditempatkan pada kepala silinder. Satu untuk menggerakkan katup isap dan satu lagi untuk menjalankan katup buang. Sistem buka tutup ini tidak memerlukan rocker arm sehingga proses kerja menjadi lebih presisi lagi pada putaran tinggi. Konstruksi tipe ini sangat rumit dan memiliki kemampuan yang sangat tinggi dibandingkan dua teknologi lainnya. Mekanisme katup DOHC bisa dibagi menjadi dua model, yaitu single drive belt directly dan noken as intake (isap) yang digerakkan roda gigi. Pada teknologi pertama, dua noken as digerakkan langsung dengan sebuah sabuk. Sedangkan pada model kedua, hanya salah satu noken as yang disambungkan dengan sabuk. Umumnya adalah bagian roda gigi katup intake. Antara roda gigi intake disambungkan dengan roda gigi exhaust (buang), sehingga katup exhaust akan turut bergerak pula. Adanya dua batang noken as memungkinkan pabrikan untuk memasangkan teknologi multikatup dan katup variabel pada mesin DOHC. Dalam satu silinder bisa dipasang lebih dari satu katup. Saat ini umumnya pabrikan menggunakan model 2 katup isap dan 2 katup buang, sehingga mesin DOHC yang memiliki 4 silinder bisa memasang 16 katup sekaligus.</span></b><b><o:p></o:p></b></span></div></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 14.25pt; margin-bottom: 5.0pt; text-align: justify; text-indent: .75in;"><div style="text-align: justify;"><b><span style="color: #00000a; font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;">Sebenarnya mesin 4 langkah mempunyai 4 proses kerja, yaitu langkah isap, kompresi, usaha, dan buang. Tetapi bekerjanya katup hanya membutuhkan katup isap dan buang, karena sisa proses lainnya terjadi di ruang bakar. Mekanime pergerakan katup diatur sedemikian rupa sehingga noken as berputar satu kali untuk menggerakkan katup isap. Sedangkan untuk katup buang sebanyak 2 kali berputarnya poros engkol.</span></b><b><o:p></o:p></b></div></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 14.25pt; margin-bottom: 5.0pt; text-align: justify; text-indent: .75in;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; margin-bottom: 5.0pt; mso-line-height-alt: 14.25pt; text-align: justify;"><b><i><span style="color: #00000a; font-family: Arial, sans-serif;">IV. GERAKAN NOKEN AS</span></i></b><b><i><span style="font-family: Arial, sans-serif; font-size: 16pt;"><o:p></o:p></span></i></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 14.25pt; margin-bottom: 5.0pt; text-align: justify; text-indent: .75in;"><div style="text-align: left;"><span style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><b><span style="color: #00000a;">Noken as membuka dan menutup katup sesuai timing yang telah diprogram. Noken as digerakkan oleh poros engkol dengan beberapa metode, yaitu timing gear, timing chain, dan timing belt. Metode timing gear digunakan pada mekanisme katup jenis mesin OHV yang letak sumbunya di dalam blok silinder. Timing gear umumnya menimbulkan bunyi yang besar dibandingkan model rantai (timing chain), sehingga mesin bensin OHV menjadi kurang populer dibandingkan model lainnya.</span></b><b><o:p></o:p></b></span></div></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 14.25pt; margin-bottom: 5.0pt; text-align: justify; text-indent: .75in;"><div style="text-align: left;"><b><span style="color: #00000a; font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;">Model timing chain dipakai untuk mesin SOHC dan DOHC. Noken as digerakkan oleh rantai (timing chain) dan roda gigi sprocket sebagai ganti dari timing gear. Timing chain dan roda gigi sprocket dilumasi dengan oli. Tegangan rantai diatur oleh chain tensioner. Vibrasi getaran rantai dicegah oleh chain vibration damper. Noken as yang digerakkan rantai hanya sedikit menimbulkan bunyi dibandingkan dengan timing gear, sehingga banyak diadopsi pabrikan. Teknologi timing belt lahir dari kebutuhan akan mesin yang bersuara senyap. Model sabuk ini tidak menimbulkan bunyi kalau dibandingkan dengan rantai. Selain itu tidak memerlukan pelumasan dan penyetelan tegangan. Kelebihan lainnya adalah belt lebih ringan dibandingkan rantai. Belt penggerak dibuat dari fiberglass yang diperkuat karet sehingga memiliki daya regang yang baik. Belt juga tidak mudah meregang bila terjadi panas. Oleh karena itu, model belt kini banyak dipasang pada mesin modern.</span></b><b><o:p></o:p></b></div></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; line-height: 14.25pt; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; text-align: justify;"><span style="font-size: x-small;"><br />
</span></div><div class="MsoNormal" style="background: #787878; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-line-height-alt: 14.25pt; text-align: justify;"><b><i><span lang="SV" style="font-family: Arial, sans-serif;">V. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DOHC</span></i></b></div><div class="MsoNormal" style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: #787878; background-image: initial; background-origin: initial; background-position: initial initial; background-repeat: initial initial; margin-bottom: 0.0001pt;"><span style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><b><span lang="SV">Kelebihan:</span></b><b><o:p></o:p></b></span></div><div class="MsoNormal" style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: #787878; background-image: initial; background-origin: initial; background-position: initial initial; background-repeat: initial initial; margin-bottom: 0.0001pt;"><span style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><b><span lang="SV">1. Suara mesin lebih halus</span></b><b><o:p></o:p></b></span></div><div class="MsoNormal" style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: #787878; background-image: initial; background-origin: initial; background-position: initial initial; background-repeat: initial initial; margin-bottom: 0.0001pt;"><span style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><b><span lang="SV">2. Tenaga lebih besar karena pembakaran lebih sempurna.</span></b><b><o:p></o:p></b></span></div><div class="MsoNormal" style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: #787878; background-image: initial; background-origin: initial; background-position: initial initial; background-repeat: initial initial; margin-bottom: 0.0001pt;"><span style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><b><span lang="SV">Kekurangannya:</span></b><b><o:p></o:p></b></span></div><div class="MsoNormal" style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: #787878; background-image: initial; background-origin: initial; background-position: initial initial; background-repeat: initial initial; margin-bottom: 0.0001pt;"><span style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><b><span lang="SV">1. Harga menjadi lebih mahal</span></b><b><o:p></o:p></b></span></div><div class="MsoNormal" style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: #787878; background-image: initial; background-origin: initial; background-position: initial initial; background-repeat: initial initial; margin-bottom: 0.0001pt;"><b><span lang="SV" style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;">2. Bahan bakar lebih boros dan perawatan harus lebih baik dari SOHC</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: #787878; background-image: initial; background-origin: initial; background-position: initial initial; background-repeat: initial initial; margin-bottom: 0.0001pt;"><span style="font-size: x-small;"><br />
</span></div><div class="MsoNormal" style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: #787878; background-image: initial; background-origin: initial; background-position: initial initial; background-repeat: initial initial; margin-bottom: 0.0001pt;"><b><i><span lang="SV" style="font-family: Arial, sans-serif;">VI. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SOHC</span></i></b></div><div class="MsoNormal" style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: #787878; background-image: initial; background-origin: initial; background-position: initial initial; background-repeat: initial initial; margin-bottom: 0.0001pt;"><span style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><b><span lang="SV">Kelebihan :</span></b><b><o:p></o:p></b></span></div><div class="MsoNormal" style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: #787878; background-image: initial; background-origin: initial; background-position: initial initial; background-repeat: initial initial; margin-bottom: 0.0001pt;"><b style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><span lang="SV">1. Jumlah komponen lebih sedikit</span></b><br />
<b style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><span lang="SV">2. Bahan bakar lebih irit, sehinggga harga total lebih murah</span></b><br />
<b style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><span lang="SV">3. Mesin tidak cepat panas karena oli pelumas bisa naik ke kop blok</span></b><br />
<b style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><span lang="SV">4. Bahan bakar bisa dibakar semua / sistem pembakarannya efesien.</span></b><br />
<b style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><span lang="SV">Kekurangan:</span></b><br />
<b style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><span lang="SV">1. Mesin lebih kasar suaranya</span></b><br />
<b style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><span lang="SV">2. Tenaga relatif lebih kecil sehingga kurang responsif</span></b><br />
<b style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;"><span lang="SV">3. Biaya servicenya lebih mahal </span></b><br />
<b><span lang="SV" style="font-family: Arial, Helvetica, sans-serif;">4. Kalau komponennya rusak satu bisa merembet ke yang lainya kalau komponennya rusak satu bisa merembet ke yang lainya</span></b></div>RMS MALANGhttp://www.blogger.com/profile/15406292841788739352noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4564113628984263635.post-31693874869809139812012-01-03T19:52:00.000-08:002012-01-03T20:26:42.826-08:00Cara membuat spek korekan<div class="MsoNormal" style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: #214552; background-image: initial; background-origin: initial; background-position: initial initial; background-repeat: initial initial; margin-bottom: 0.0001pt;"><b><i><span style="color: #8cdfff; font-family: Verdana, sans-serif;"><span style="color: #777766; text-decoration: none;">Korekan Harian Thailand</span><o:p></o:p></span></i></b></div><div class="MsoNormal" style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: #214552; background-image: initial; background-origin: initial; background-position: initial initial; background-repeat: initial initial; margin-bottom: 0.0001pt;"><b><i><span style="color: white; font-family: Verdana, sans-serif;">Kohar (korek harian) Tiru Korek Thailand</span></i></b><i style="font-size: small;"><span style="color: white;"><br />
<br />
</span></i><b style="font-size: small;"><span style="color: white; font-family: Verdana, sans-serif;">Bukan zamannya lagi motor kencang identik dengan suara knalpot berkoar.<br />
Apalagi sekarang banyak motor berisik ditilang polisi. Nah, lebih baik tidak berisik tapi masih tetap biasa diajak ngibrit.<br />
Tiru saja trik dari Thailand yang ketat aturan polusi suaranya.<br />
<br />
Siapapun pengguna knalpot racing di jalanan pasti kena tilang. “Itu fenomena yang terjadi di sini,” jelas Supat Tantanung,<br />
bos TDR Thailand.<o:p></o:p></span></b></div><div class="MsoNormal" style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: #214552; background-image: initial; background-origin: initial; background-position: initial initial; background-repeat: initial initial; margin-bottom: 0.0001pt;"><b style="font-size: small;"><span style="color: white; font-family: Verdana, sans-serif;"><br />
Lalu bagaimana kencang tapi aman tanpa diburu polisi. Daripada macam penjahat atau koruptor yang selalu main kucing-kucingan. Caranya:</span></b><span style="color: white; font-family: Verdana, sans-serif;"><br />
<br />
</span><b><i><span style="color: white; font-family: Verdana, sans-serif;">GANTI LEHER</span></i></b><span style="color: white; font-family: Verdana, sans-serif; font-size: x-small;"><br />
<br />
</span><b style="font-size: small;"><span style="color: white; font-family: Verdana, sans-serif;">Trik yang paling simpel diterapkan bikers Thai mengakali knalpot standar tapi tenaga meningkat. Tidak mengubah atau bobok silencer agar suara cempreng, kalau begini pasti ketahuan polisi.<br />
<br />
Untuk itu hanya leher pipa buang yang diganti. Dibikin lebih besar atau tekukan lebih landai. Ini Em Plus jumpai di super market variasi Panom di Thai, banyak banget leher knalpot racing.<br />
<br />
Kondisi seperti ini dirasa enak bagi pengguna Yamaha. Sebab leher knalpot bisa dilepas. Seperti di Jupiter-Z atau Scorpio.<br />
Antara silencer dan leher memilii sambungan yang bisa dilepas, tinggal diganti leher racing sudah ngibrit.<br />
<br />
Trik macam ini pernah dites Deden Arsyad, mantan pembalap era 80-an. Bersama Honda Jepang melakukan riset di motor balapnya, ganti leher knalpot sudah mengubah karakter mesin.<br />
<br />
Nah, kalau hanya ganti leher tidak perlu ubah spuyer.<br />
Sebab dari hasil dynotest, mesin 4-tak standar ganti knalpot racing tidak perlu ganti spuyer, kalo dipaksa spuyer digendein tenaga malah melorot.</span></b><span style="color: white; font-family: Verdana, sans-serif; font-size: x-small;"><br />
<br />
<br />
</span><b><i><span style="color: white; font-family: Verdana, sans-serif;"><br />
MAIN PORTING</span></i></b><span style="color: white; font-family: Verdana, sans-serif; font-size: x-small;"><br />
<b><br />
</b></span><b style="font-size: small;"><span style="color: white; font-family: Verdana, sans-serif;">Cara ini trik paling halus. Tidak diketahui lawan kalau motor besutan anda tenaga sudah melonjak.<br />
Seperti pernah dilakukan Tomy Huang dari BRT (Bintang Racing Team). Meriset Supra X 125 tenaganya bisa 14 dk hanya mengandalkan knalpot standar.<br />
Naik jauh dari standar yang berkisar 9,7 dk.<br />
<br />
Angka itu didapat sebagian besar dari main porting lubang isap dan buang, aliran gas bakar dibikin lebih landai. Agar lalu lintas gas bakar lebih singkat dan bersih.<br />
“Hasilnya pembakaran maksimal,” jelas Tomy yang menjual Honda Supra X 125 versi racing harian.<br />
<br />
Selain itu, Tomy Huang juga menerapkanm teknologi seperti biker Thai, pasang CDI yang mangatur ulang waktu pengapian.<br />
Biasanya dibikin advanced sekitar naik 1-2 derajat dari standar pada putaran atas, bawahnya masih dibiarkan asli pabrik</span></b><span style="color: white; font-family: Verdana, sans-serif; font-size: x-small;">.</span><span style="color: white; font-family: 'Times New Roman', serif; font-size: x-small;"><br />
</span><b style="font-size: small;"><i><span style="color: white; font-family: Verdana, sans-serif;"><br />
</span></i></b><b><i><span style="color: white; font-family: Verdana, sans-serif;">KAKI-KAKI SHOW</span></i></b><span style="color: white; font-family: Verdana, sans-serif; font-size: x-small;"><br />
<b><br />
</b></span><b><span style="color: white; font-family: Verdana, sans-serif;"><span style="font-size: x-small;">Sebagai pembuktian motor kencang dan gaul, di Thailand hanya ditunjukan lewat kaki-kaki. Terutama di skubek. Banyak dijumpai penggunaan pelek dan ban ceking.<br />
Diameter cukup besar yaitu 17 inci, seperti motor drag.<br />
<br />
Sekarang lagi ngetop kaki-kaki mungil macam ini. Coba aja datang ke toko variasi terdekat di kota anda, susah melacak pelek dan ban lebar.</span> <br />
<span style="font-size: small;"><o:p></o:p></span></span></b></div>RMS MALANGhttp://www.blogger.com/profile/15406292841788739352noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4564113628984263635.post-4857937881240932772012-01-03T19:51:00.000-08:002012-01-03T20:25:51.511-08:00PISTON TEFLON<h3 style="background: #214552; line-height: 16.8pt; margin-bottom: 3.0pt; margin-left: 0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in;"><i><span style="color: red; font-family: 'Times New Roman', serif; font-size: large; text-decoration: none;">Piston Teflon</span></i><i><span style="color: red; font-family: 'Times New Roman', serif; font-size: 20pt;"><o:p></o:p></span></i></h3><div class="MsoNormal" style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: #214552; background-image: initial; background-origin: initial; background-position: initial initial; background-repeat: initial initial; margin-bottom: 0.0001pt;"><b><span style="color: white;">Saya jelaskan sedikit kelebihan piston ini,<br />
piston ini sebetulnya di kembangkan secara khusus untuk keperluan modifikasi balap motor motor standar yang turun di ajang road race.<br />
Setelah selama beberapa tahun belakangan ini di aplikasi oleh beberapa tim balap di ajang road race dan menunjukan hasil yang memuaskan<br />
maka pabrikan memtuskan untuk memproduksinya secara masal. kalau anda sering membaca majalah otomotif pasti pernah mendengar berita tentang di kembangkannya piston ini.<br />
Technologi piston ini selain menggunakan metal yang lebih baik dari dari piston stardar juga melapisi dinding piston dengan teflon sehingga gesekan piston dengan<br />
dinding silinder menjadi lebih licin dan membuat gerakan piston jadi lebih enteng dan otomatis tarikan jadi lebih enteng .<br />
<br />
Kenapa saya bilang piston ini spek balap…?<br />
karena pada umumnya modifikasi standar pada mesin agar menjadi lebih bertenaga adalah dengan memapas head silinder hingga kompresi menjadi lebih padat di ruang bakar,<br />
tapi kendalanya adalah setelan klep harus sangat besar agar batang klep tidak beradu dengan permukaan piston terlebih lagi kalau kita juga memodifikasi camshaft<br />
hingga jarak durasinya menjadi lebih jauh, untuk solusinya biasanya permukaan piston di coak untuk memberi jarak main batang klep,<br />
tapi kendalanya pemukaan kepala piston menjadi lebih tipis dan rentan bolong jika putaran mesin makin tinggi belum lagi suara berisik yang di hasilkan.<br />
Nah .... pabrikan piston teflon ini memberi solusi dengan membuat coakan pada permukaan piston sesuai jenis motornya dan membuat permukaan piston agak lebih tebal dari<br />
ukuran standar tetapi dengan bahan yang lebih kuat dan lebih ringan.<o:p></o:p></span></b></div><div class="MsoNormal" style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: #214552; background-image: initial; background-origin: initial; background-position: initial initial; background-repeat: initial initial; margin-bottom: 0.0001pt;"><b><span style="color: white;">Apakah ada efek samping…? Tidak ada sama sekali,<br />
karena jelas kualitas piston ini jauh lebih bagus dari pada piston standar.<span style="font-size: medium;"><o:p></o:p></span></span></b></div>RMS MALANGhttp://www.blogger.com/profile/15406292841788739352noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4564113628984263635.post-78154739243220481402011-12-30T15:40:00.003-08:002011-12-30T15:40:20.899-08:00CARA KERJA MESIN SEPEDA MOTOR<!--[if gte mso 9]><xml> <o:OfficeDocumentSettings> <o:AllowPNG/> </o:OfficeDocumentSettings> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> <w:WordDocument> <w:View>Normal</w:View> <w:Zoom>0</w:Zoom> <w:TrackMoves/> <w:TrackFormatting/> <w:PunctuationKerning/> <w:ValidateAgainstSchemas/> <w:SaveIfXMLInvalid>false</w:SaveIfXMLInvalid> <w:IgnoreMixedContent>false</w:IgnoreMixedContent> <w:AlwaysShowPlaceholderText>false</w:AlwaysShowPlaceholderText> <w:DoNotPromoteQF/> <w:LidThemeOther>EN-US</w:LidThemeOther> <w:LidThemeAsian>X-NONE</w:LidThemeAsian> <w:LidThemeComplexScript>X-NONE</w:LidThemeComplexScript> <w:Compatibility> <w:BreakWrappedTables/> <w:SnapToGridInCell/> <w:WrapTextWithPunct/> <w:UseAsianBreakRules/> <w:DontGrowAutofit/> <w:SplitPgBreakAndParaMark/> <w:EnableOpenTypeKerning/> <w:DontFlipMirrorIndents/> <w:OverrideTableStyleHps/> </w:Compatibility> <m:mathPr> <m:mathFont m:val="Cambria Math"/> <m:brkBin m:val="before"/> <m:brkBinSub m:val="--"/> <m:smallFrac m:val="off"/> <m:dispDef/> <m:lMargin m:val="0"/> <m:rMargin m:val="0"/> <m:defJc m:val="centerGroup"/> <m:wrapIndent m:val="1440"/> <m:intLim m:val="subSup"/> <m:naryLim m:val="undOvr"/> </m:mathPr></w:WordDocument> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> <w:LatentStyles DefLockedState="false" DefUnhideWhenUsed="true"
DefSemiHidden="true" DefQFormat="false" DefPriority="99"
LatentStyleCount="267"> <w:LsdException Locked="false" Priority="0" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Normal"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="9" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="heading 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 7"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 8"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 9"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 7"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 8"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 9"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="35" QFormat="true" Name="caption"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="10" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Title"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="1" Name="Default Paragraph Font"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="11" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Subtitle"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="22" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Strong"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="20" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Emphasis"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="59" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Table Grid"/> <w:LsdException Locked="false" UnhideWhenUsed="false" Name="Placeholder Text"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="1" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="No Spacing"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" UnhideWhenUsed="false" Name="Revision"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="34" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="List Paragraph"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="29" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Quote"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="30" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Intense Quote"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="19" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Subtle Emphasis"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="21" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Intense Emphasis"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="31" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Subtle Reference"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="32" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Intense Reference"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="33" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Book Title"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="37" Name="Bibliography"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" QFormat="true" Name="TOC Heading"/> </w:LatentStyles> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style>
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:"Table Normal";
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:"";
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:"Calibri","sans-serif";
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:"Times New Roman";
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}
</style> <![endif]--> <br />
<div class="MsoNormal" style="line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-outline-level: 3; text-indent: -1.0in;"><span style="color: red; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 18.0pt; mso-bidi-font-weight: bold; mso-fareast-font-family: "Times New Roman"; text-transform: uppercase;"><a href="http://mesinmotortua.blogspot.com/2010/03/cara-kerja-mesin-motor-4-tak.html"><span style="color: red; text-decoration: none; text-underline: none;">CARA KERJA MESIN SePEDA MOTOR 4 TAK</span></a></span><span style="color: #dfe5e9; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 18.0pt; mso-bidi-font-weight: bold; mso-fareast-font-family: "Times New Roman"; text-transform: uppercase;"></span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="background: #313131; color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Berbagi pengetahuan sedikit ya.. ini sedikit menjelaskan tentang bagaimana cara kerja mesin 4 tak.<br />
Ketika mesin pada keadaan posisi Tak 1 terjadi gerak hisap, berikut cara kerjanya:<br style="mso-special-character: line-break;" /> <br style="mso-special-character: line-break;" /> </span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";"></span></b></div><ol start="1" style="margin-top: 0in;" type="1"><li class="MsoNormal" style="background: #313131; color: white; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-list: l5 level1 lfo8; tab-stops: list .5in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Piston bergerak dari titik atas menuju titik bawah.</span></b></li>
<li class="MsoNormal" style="background: #313131; color: white; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-list: l5 level1 lfo8; tab-stops: list .5in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Klep masuk terbuka dan klep buang tertutup.</span></b></li>
<li class="MsoNormal" style="background: #313131; color: white; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; mso-list: l5 level1 lfo8; tab-stops: list .5in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Penghisapan gas dari carburator masuk kedalam cylinder melalui klep masuk yang dalam terbuka.</span></b></li>
</ol><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="background: #313131; color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Pada keadaan mesin posisi tak 2 terjadi gerak kompresi atau pemampatan, berikut cara kerjanya.<br style="mso-special-character: line-break;" /> <br style="mso-special-character: line-break;" /> </span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";"></span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l6 level1 lfo1; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">1.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Piston bergerak dari titik bawah menuju titik atas.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l6 level1 lfo1; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">2.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Pada kedua klepnya keadaan tertutup rapat.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l6 level1 lfo1; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">3.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Gas yang ada di dalam cylinder di mampatkan atau di kompresi.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin: 0in; mso-list: l6 level1 lfo1; tab-stops: list .5in; text-indent: 0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">4.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Pada keadaan piston hampir mencapai titik atas, busi melontarkan api listriknya dengan tegangan yang cukup tinggi untuk membakar gas yang telah ada dalam cylinder.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="background: #313131; color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Pada keadaan mesin posisi tak 3 terjadi gerak tenaga, berikut cara kerjanya:<br style="mso-special-character: line-break;" /> <br style="mso-special-character: line-break;" /> </span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";"></span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l4 level1 lfo2; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">1.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Piston bergerak dari titik atas menuju titik bawah.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l4 level1 lfo2; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">2.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Pada kedua klepnya masih dalam keadaan tertutup.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin: 0in; mso-list: l4 level1 lfo2; tab-stops: list .5in; text-indent: 0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">3.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Perak piston turun kebawah di sebabkan oleh adanya dorongan gas yang telah di bakar, sehingga motor menghasilkan tenaga.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; text-indent: -1.0in;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="background: #313131; color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Pada keadaan mesin posisi tak 4 terjadi gerak buang atau sisa pembakaran, berikut cara kerjanya.<br style="mso-special-character: line-break;" /> <br style="mso-special-character: line-break;" /> </span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";"></span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l7 level1 lfo3; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">1.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Piston bergerak dari titik bawah meuju titik atas.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l7 level1 lfo3; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">2.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Pada klep buang terbuka sedangkan pada klep masuk gas tertutup rapat.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin: 0in; mso-list: l7 level1 lfo3; tab-stops: list .5in; text-indent: 0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">3.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Sisa pembakaran gas yang telah mendorong piston dari dalam cylinder keluar melalui klep buang yang langsung ke knalpot.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; text-indent: -1.0in;"><i><span style="background: #313131; color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 8.5pt; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";"><br style="mso-special-character: line-break;" /> <br style="mso-special-character: line-break;" /> </span></i><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="font-size: 18.0pt;"></span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in;"><a href="http://mesinmotortua.blogspot.com/2010/03/cara-kerja-mesin-motor-2-tak.html"><b><span style="color: #fd8b1c; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 18.0pt; mso-fareast-font-family: "Times New Roman"; text-decoration: none; text-transform: uppercase; text-underline: none;">CARA KERJA MESIN SEPEDA MOTOR 2 TAK</span></b></a><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";"><br />
pada postingan kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang bagaimana cara proses kerja mesin motor 2 tak:<br />
pada keadaan motor posisi tak 1 :</span></b><b><span style="color: #dfe5e9; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-fareast-font-family: "Times New Roman"; text-transform: uppercase;"></span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l2 level1 lfo4; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">1.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">piston bergerak dari titik bawah menuju titik atas.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin: 0in; mso-list: l2 level1 lfo4; tab-stops: list .5in; text-indent: 0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">2.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">bersamaan dengan terbukanya lubang aluran masuk maka gas dari gas carburator terhisap masuk ke dalam carter atau ruang kruk as.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin: 0in; mso-list: l2 level1 lfo4; tab-stops: list .5in; text-indent: 0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">3.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">gas yang ada diatas pistron (dalam cylinder) akan di komperesi atau dimampatkan.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin: 0in; mso-list: l2 level1 lfo4; tab-stops: list .5in; text-indent: 0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">4.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">pada saat piston mencapai titik atas, busi melontarkan bunga api listriknya dengan tegangan yang tinggi untuk membakar gas yang telah dikompresi (proses terjadi di dalam cylinder).</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Jadi kesimpulannya pada tak pertama terjadi proses masuknya gas dan terjadi pemampatan serta pembakaran gas.<br />
Pada keadaan motor posis tak 2:</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l3 level1 lfo5; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">1.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">piston bergerak dari titik atas menuju titik bawah.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin: 0in; mso-list: l3 level1 lfo5; tab-stops: list .5in; text-indent: 0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">2.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">gas yang ada di dalam cylinder yang telah dibakar akan berusaha mengembang lalu mendorong piston dengan disertai tenaga tekanan lalu kemudian tekanan tersebut akan disimpan dan dirubah oleh kruk as menjadi tenaga motor.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin: 0in; mso-list: l3 level1 lfo5; tab-stops: list .5in; text-indent: 0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">3.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">sedangkan gas didalam carter akan di kompresi sehingga sering disebut dengan compressi carter.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin: 0in; mso-list: l3 level1 lfo5; tab-stops: list .5in; text-indent: 0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">4.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">kemudian lubang saluaran dibuka keluar terbuka oleh piston, maka gas sisa pembakaran dengan sendirinya akan keluar melalui saluran buang dari dalam cylinder yang langsung ke knalpot.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin: 0in; mso-list: l3 level1 lfo5; tab-stops: list .5in; text-indent: 0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Arial;"><span style="mso-list: Ignore;">5.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">pada waktu saluran buang terbuka oleh piston, maka gas yang telah di kompresi di dalam carter akan berusaha naik ke atas piston untuk membersihkan sisa pembakaran gas yang masih tertinggal di dalam cylinder, dan sekaligus gas baru tersebut menempati ruangan cylinder untuk kemudian dibakar dan ini terjadi terus menerus selama mesin dalam keadaan hidup.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Bisa dibilang pada tak ke 2 ini terjadinya proses kerja, kompresi carter, pembuangan,pencuciandan pembilasan.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-outline-level: 3; text-indent: -1.0in;"><a href="http://mesinmotortua.blogspot.com/2010/02/perbedaan-motor-2-tak-dengan-motor-4.html"><b><span style="color: #dfe5e9; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 18.0pt; mso-fareast-font-family: "Times New Roman"; text-decoration: none; text-transform: uppercase; text-underline: none;">PERBEDAAN MOTOR 2 TAK DENGAN MOTOR 4 TAK</span></b></a><b><span style="color: #dfe5e9; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 18.0pt; mso-fareast-font-family: "Times New Roman"; text-transform: uppercase;"></span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Perbedaan mesin motor 2 tak dengan motor 4 tak sungguh sangat signifikan dilihat dari jenis bahan bakar dan cylindernya. Berikut adalah ciri-ciri dan perbedaan motor 2 tak dengan 4 tak.<br />
<span style="mso-bidi-font-weight: bold;">Ciri-ciri Motor 2 tak:</span></span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l1 level1 lfo6; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><span style="color: white; font-family: Symbol; font-size: 10.0pt; mso-bidi-font-family: Symbol; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Symbol;"><span style="mso-list: Ignore;">·<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Bahan bakarnya selalu di campur dengan oi baik secara langsung ke dalam tangki bensin ataupun dengan cara memisah kannya</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l1 level1 lfo6; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><span style="color: white; font-family: Symbol; font-size: 10.0pt; mso-bidi-font-family: Symbol; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Symbol;"><span style="mso-list: Ignore;">·<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Cylinder tidak memiliki klep, sebagai gantinya adalh zuiger valve atau red valve untuk mengatur masuknya gas ke dalam ruangan cylinder.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l1 level1 lfo6; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><span style="color: white; font-family: Symbol; font-size: 10.0pt; mso-bidi-font-family: Symbol; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Symbol;"><span style="mso-list: Ignore;">·<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Setiap zuiger atau piston hanya mempumyai 2 buah ring yaitu ring compressi I dan ring compressi II.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l1 level1 lfo6; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><span style="color: white; font-family: Symbol; font-size: 10.0pt; mso-bidi-font-family: Symbol; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Symbol;"><span style="mso-list: Ignore;">·<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Setiap cylindernya memiliki 2 macam compressi yaitu compressi cylinder dan carter.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l1 level1 lfo6; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><span style="color: white; font-family: Symbol; font-size: 10.0pt; mso-bidi-font-family: Symbol; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Symbol;"><span style="mso-list: Ignore;">·<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Setiap 2 kali gerakan piston terjadi 1 kali pembakaran gas.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; text-indent: -1.0in;"><b><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Ciri-ciri motor 4 tak :</span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";"></span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l0 level1 lfo7; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><span style="color: white; font-family: Symbol; font-size: 10.0pt; mso-bidi-font-family: Symbol; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Symbol;"><span style="mso-list: Ignore;">·<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Bahan bakarnya bensin murni</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l0 level1 lfo7; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><span style="color: white; font-family: Symbol; font-size: 10.0pt; mso-bidi-font-family: Symbol; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Symbol;"><span style="mso-list: Ignore;">·<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Setiap cylindernya memiliki 2 buah klep yang masing – masing klep masuk dan klep buang</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l0 level1 lfo7; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><span style="color: white; font-family: Symbol; font-size: 10.0pt; mso-bidi-font-family: Symbol; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Symbol;"><span style="mso-list: Ignore;">·<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Cylindernya hanya memiliki 1 macam compressi yaitu compressi cylinder</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l0 level1 lfo7; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><span style="color: white; font-family: Symbol; font-size: 10.0pt; mso-bidi-font-family: Symbol; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Symbol;"><span style="mso-list: Ignore;">·<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Setiap zuiger atau piston memiliki 3 buah ring yaitu : ring compressi I, ring compressi II, rong oli. Ketiga ring ini sangat berguna untuk membantu pelumasan pada zuiger atau piston.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l0 level1 lfo7; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><span style="color: white; font-family: Symbol; font-size: 10.0pt; mso-bidi-font-family: Symbol; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Symbol;"><span style="mso-list: Ignore;">·<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Terdapatnya rantai camprat dalam bak mesin yang berhubungan dengan noken as (kruk as). Rantai camprat ini tujuan nya untuk menahan gigi verseneling atau gerakan roda yang mendadak.</span></b></div><div class="MsoNormal" style="background: #313131; line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-list: l0 level1 lfo7; tab-stops: list .5in; text-indent: -1.0in;"><span style="color: white; font-family: Symbol; font-size: 10.0pt; mso-bidi-font-family: Symbol; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: Symbol;"><span style="mso-list: Ignore;">·<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span style="color: white; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-style: italic; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Setiap 2x putaran kruk as hanya terdapat 1x tenaga (compressi).</span></b></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; text-indent: -1.0in;"><br />
</div><h3 style="background: #313131; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 1.0in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; text-indent: -1.0in;"><a href="http://mesinmotortua.blogspot.com/2010/02/pengertian-tak-pada-motor.html"><span style="color: #dfe5e9; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 18.0pt; text-decoration: none; text-transform: uppercase; text-underline: none;">PENGERTIAN "TAK" PADA MOTOR</span></a><span style="color: #dfe5e9; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 18.0pt; text-transform: uppercase;"></span></h3><h3 style="background: #313131; margin-bottom: .0001pt; margin: 0in;"><span class="fullpost"><span style="font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt;">Kita sering membicarakan Tak pada sebuah kendaraan bermotor. Entah itu motor 2 Tak ataupun 4 Tak. Tetapi terkadang ada sebagian orang yang belum tahu pengertian Tak pada sebuah kendaraan bermotor. Maka dari itu di postingan saya yang perdana ini akan sedikit menjabarkan tentang pengertian dari Tak.</span></span><span style="font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 12.0pt;"><br />
<br />
Tak atau yang sering disebut slag/stroke/langkah gerakan pada piston (zuiger) pada sebuah kendaraan bermotor mempunyai arti yaitu jarak langkah atau gerakan piston didalam cylinder mulai dari yang paling atas ( rata dengan cylinder blok) sampai dengan gerakan yang paling bawah .<br />
<br />
Batas gerakan piston yang paling atas biasanya disebut dengan titik atas atau disingkat TA, dan gerakan yang paling bawah biasa disebut dengan titik bawah atau disingkat TB.<br />
<br />
Langkah yang sangat terbatas itu disebabkan oleh adanya kruk as yang menggerakan piston atau (zuiger). Pergerakan piston atau zuiger dari titik atas (TA) sampai titik bawah (TB) atau sebaliknya disebut dengan yang putaran kruk as nya sebanyak 180° atau setengah putaran.<br />
<br />
pengertian motor 2 “TAK”<br />
Yaitu setiap jenis motor berbhan bakar , yang dalam setiap cylindernya mendapatkan 1 x pembakaran gas, dengan hanya memerlukan gerakan piston sebanyak 2x. sefdangkan kruk as yang berputar satu kali atau satu lingkaran (360°). Untuk mesin motor 2 tak menggunakan oli sampingsebagai cmpuran bahan bakar ( bensin ) contohnya seperti motor tua yang ber merk Yamaha, Suzuki, Kawasaki, vespa, bajaj. Untuk merk Kawasaki yang tidak menggunakan oli samping adalah MERZI.<br />
<br />
pengertian motor 4 “TAK”<br />
Yaitu setiap jenis motor berbahan bakar, yang dalam setiap cylindernya utuk mendapatkan 1 kali pembakar gas memerlukan 4x gerakan piston dan putaran kruk as nya sebanyak 2x (720°) dengan disertai terbukanya klep masuk dan klep keluar masing – masing sebanyak 1x.<span style="color: #dfe5e9; text-transform: uppercase;"></span></span></h3>RMS MALANGhttp://www.blogger.com/profile/15406292841788739352noreply@blogger.com0